Organisasi komputer adalah bagian-bagian yang terkait dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyususn sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya
contoh : aspek organisasional adalah teknologi hardware dan perangkat-perangkat pendukung lainnya
Arsitektur komputer adalah kajian yang cendrung tentang atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
contoh : set intruksi, aritmatika yang digunakan,teknik pengamatan dan mekanismi I/O
Dari penjelasan singkat saya kita ulas lebih dalam yuk kita lihat dari perbedaanya ,,,,
PERBEDAAN
Arsitektur Komputer
Organisasi Komputer
Sekarang kita perlu tahu juga apa itu KOMPUTER
Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat
dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori,
dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih
cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Sekarang kita perlu tahu juga apa itu KOMPUTER
- Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang
artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute.
- definisi komputer :sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama,
dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi
(output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di
memorinya.
- Semua komputer memiliki 4 fungsi:
• Pengolahan data - Data processing
• Penyimpanan data - Data storage
• Pemindahan data - Data movement
• Kendali – Control
Struktur dan fungsi komputer
fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen
sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam
struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan
data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi
operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah
data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori
eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access
Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara
waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya
bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit
data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada
suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui
data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan
ditulis atau dibaca.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus
dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
oke, sudah jelas tentang arsitektur dan organisasinya mari kita lihat sejarah dan evolusinya ,
SEJARAH DAN EVOLUSI
KOMPUTER
1. Komputer saat ini adalah evolusi panjang penemuan-penemuanmanusia
sejak dulu berupa alat bantu mekanik dan elektronik.Empat golongan besar
alat pengolah data:• Peralatan manual: peralatan pengolahan data yg sangat
sederhana, dan menggunakan tenaga tangan manusia.• Peralatan mekanik:
peralatan yg sudah berbentuk mekanik yg digerakkan dengan tangan secara
manual.• Peralatan mekanik elektronik: peralatan mekanik yg digerakkan
secara otmatis oleh motor elektronik.• Peralatan elektronik: peralatan yg
bekerjanya secara elektronik penuh.
2. Alat Hitung Tradisional dan
Kalkulator Mekanik
• Abacus, muncul sekitar 5000 th yg lalu di Asia kecil
dan masih digunakan di beberapa tempat dan dianggap sbg awal mula mesin
komputasi.• Tahun 1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator roda numerik
(numerical wheel calculator).• Tahun 1964, Gottred Wilhem von Leibniz memperbaiki
Pascaline dengan membuat mesin yg dapat mengalikan.• Charles Xavier Thomas
de Colmar menemukan mesin yg dapat melakukan 4 fungsi aritmatik dasar ((+)
(-) (*) (/)).• Tahun 1882, Charles Babbage menemukan mesin utk melakukan
perhitungan persamaan diffrensial. Tahun 1832, Babbage dan
Augusta Ada King membuat Analytical Engine.• Tahun 1931, Vannevar Bush
membuat kalkulator utk menyelesaikan persamaan differensial
3. KOMPUTER GENERASI PERTAMA
•
Tahun 1941, Konrad Zuse (insinyur Jerman) membangun sebuah komputer Z3,
utk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.• Electronic Numerical
Integrator and Computer (ENIAC) yg dibuat oleh kerjasama antara AS dan
Unicersity of Pennsylavia merupakan komputer serbaguna.• Salah satu hasil
yg dicapai oleh ENIAC adalah keberhasilan dalam memprediksi kemenangan
Eisenhower dalam pemilihan presiden thn 1952.• Ciri komputer generasi
pertama: – Instruksi operasi dibuat secara spesifik utk tugas tertentu. –
Tiap komputer memiliki program kode-biner yg berbeda (disebut bahasa
mesin). – Penggunaan tube vakum.
4. KOMPUTER GENERASI KEDUA
•
Tahun 195, transistor mulai digunakan dlm komputer.• Komputer generasi
kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly (bahasa yg
menggunakan singkatan utk menggantikan kode biner).• Tahun 1960, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yg sukses di bidang bisnis,
pendidikan, dan pemerintahan.• Tahun 1965, hampir seluruh bsnis-bisnis
besar menggunakan komputer generasi kedua utk memproses infromasi
keuangan.• Munculnya beberapa bahasa pemrograman. COBOL (Common
Buisness-Oriental Language) dan FORTRAN (Formula Translator) mulai umum
digunakan.
5. KOMPUTER GENERASI KETIGA
•
Tahun 1958, Jack Kilby (insinyur Texas) mengembangkan IC (integrated
circuit).• Komputer menjadi semakin kecil karena dapat dipadatkan ke dalam
chip.• Penggunaan operating system yg memungkinkan mesin menjalankan
berbagai program berbeda secara serentak.
6. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
•
Setelah IC, tujuan pengembangan utk mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen elektrik.• LSI (Large Scale Integration) memuat ratusan komponen
dalam sebuah chip.• Tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration) memuat
ribuan komponen dalam sebuah chip.• ULSI (Ultra Large ...) meningkatkan
hingga jutaan komponen.• Chip Intel 4004 yg dibuat pada tahun 1971 membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer
dalam sebuah chip.• Tahun 1970an, perakit komputer mulai menawarkan produk
komputer yg disebut mini komputer dan mudah digunakan oleh orang awam. • Tahun 1980an, video game
Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer perumahan yg lebih
canggih dan dapat diprogram.• Tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan PC
(Personal Computer) utk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.
8. KOMPUTER GENERASI KELIMA
•
Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke yg berjudul 2001: Space Odyssey.•
Teknologi superkonduktor memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun yg dapat mempercepat informasi.• Jepang adalah negara yg terkenal
dalam sosialisai jargon dan proyek komputer generasi kelima.• Lembaga ICOT
direalisasikan utk merealisasikan proyek komputer generasi kelima.
Sekian pembelajaran kali ini, kita lanjutkan ke materi berikutnya, kunjungi terus blog ilmu ini ya kawan ,,, saya ucapakan TERIMA KASIH :D
0 komentar:
Posting Komentar