veteran techno. Diberdayakan oleh Blogger.

ORAGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Nah, mari kali ini bersama saya sambil belajar dan mengajar tentang organisasi dan arsitektur komputer , intinya seperti ini :

Organisasi komputer adalah bagian-bagian yang terkait dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyususn sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya
contoh : aspek organisasional adalah teknologi hardware dan perangkat-perangkat pendukung lainnya

Arsitektur komputer adalah kajian yang cendrung tentang atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
contoh : set intruksi, aritmatika yang digunakan,teknik pengamatan dan mekanismi I/O
Dari penjelasan singkat saya kita ulas lebih dalam yuk kita lihat dari perbedaanya ,,,,
 PERBEDAAN

Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Sekarang kita perlu tahu juga apa itu  KOMPUTER



Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang  artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute.
-   definisi komputer :sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
-   Semua komputer memiliki 4 fungsi:
          Pengolahan data - Data processing
          Penyimpanan data - Data storage
          Pemindahan data - Data movement
          Kendali – Control

 Struktur dan fungsi komputer

fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard

2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. 


3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access               Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori     yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 


6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.

8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel. 


oke, sudah jelas tentang arsitektur dan organisasinya mari kita lihat sejarah dan evolusinya ,


    SEJARAH DAN EVOLUSI KOMPUTER 





















1. Komputer saat ini adalah evolusi panjang penemuan-penemuanmanusia sejak dulu berupa alat bantu mekanik dan elektronik.Empat golongan besar alat pengolah data:• Peralatan manual: peralatan pengolahan data yg sangat sederhana, dan menggunakan tenaga tangan manusia.• Peralatan mekanik: peralatan yg sudah berbentuk mekanik yg digerakkan dengan tangan secara manual.• Peralatan mekanik elektronik: peralatan mekanik yg digerakkan secara otmatis oleh motor elektronik.• Peralatan elektronik: peralatan yg bekerjanya secara elektronik penuh. 

2. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
• Abacus, muncul sekitar 5000 th yg lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat dan dianggap sbg awal mula mesin komputasi.• Tahun 1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator).• Tahun 1964, Gottred Wilhem von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yg dapat mengalikan.• Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yg dapat melakukan 4 fungsi aritmatik dasar ((+) (-) (*) (/)).• Tahun 1882, Charles Babbage menemukan mesin utk melakukan perhitungan persamaan diffrensial.   Tahun 1832, Babbage dan Augusta Ada King membuat Analytical Engine.• Tahun 1931, Vannevar Bush membuat kalkulator utk menyelesaikan persamaan differensial

3. KOMPUTER GENERASI PERTAMA
• Tahun 1941, Konrad Zuse (insinyur Jerman) membangun sebuah komputer Z3, utk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.• Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yg dibuat oleh kerjasama antara AS dan Unicersity of Pennsylavia merupakan komputer serbaguna.• Salah satu hasil yg dicapai oleh ENIAC adalah keberhasilan dalam memprediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden thn 1952.• Ciri komputer generasi pertama: – Instruksi operasi dibuat secara spesifik utk tugas tertentu. – Tiap komputer memiliki program kode-biner yg berbeda (disebut bahasa mesin). – Penggunaan tube vakum. 

4. KOMPUTER GENERASI KEDUA
• Tahun 195, transistor mulai digunakan dlm komputer.• Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly (bahasa yg menggunakan singkatan utk menggantikan kode biner).• Tahun 1960, mulai bermunculan komputer generasi kedua yg sukses di bidang bisnis, pendidikan, dan pemerintahan.• Tahun 1965, hampir seluruh bsnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua utk memproses infromasi keuangan.• Munculnya beberapa bahasa pemrograman. COBOL (Common Buisness-Oriental Language) dan FORTRAN (Formula Translator) mulai umum digunakan. 

5. KOMPUTER GENERASI KETIGA
• Tahun 1958, Jack Kilby (insinyur Texas) mengembangkan IC (integrated circuit).• Komputer menjadi semakin kecil karena dapat dipadatkan ke dalam chip.• Penggunaan operating system yg memungkinkan mesin menjalankan berbagai program berbeda secara serentak. 

6. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
• Setelah IC, tujuan pengembangan utk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen elektrik.• LSI (Large Scale Integration) memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.• Tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip.• ULSI (Ultra Large ...) meningkatkan hingga jutaan komponen.• Chip Intel 4004 yg dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam sebuah chip.• Tahun 1970an, perakit komputer mulai menawarkan produk komputer yg disebut mini komputer dan mudah digunakan oleh orang awam.  • Tahun 1980an, video game Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer perumahan yg lebih canggih dan dapat diprogram.• Tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan PC (Personal Computer) utk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. 

8. KOMPUTER GENERASI KELIMA
• Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke yg berjudul 2001: Space Odyssey.• Teknologi superkonduktor memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun yg dapat mempercepat informasi.• Jepang adalah negara yg terkenal dalam sosialisai jargon dan proyek komputer generasi kelima.• Lembaga ICOT direalisasikan utk merealisasikan proyek komputer generasi kelima. 

Sekian pembelajaran kali ini, kita lanjutkan ke materi berikutnya, kunjungi terus blog ilmu ini ya kawan ,,, saya ucapakan TERIMA KASIH :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar