veteran techno. Diberdayakan oleh Blogger.

Konsep Internet, Sejarah internet ,fungsi (working ) internet


Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yang berarti jaringan yang saling tehubung. Pengertian ini memang disesuaikan dengan cara kerja internet yang menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya dengan tujuan saling bertukar informasi dan data. Tentu saja, untuk mendapatkan layanan internet ini membutuhkan perangkat dan pendukung tambahan demi tercapainya penghubungan antar komputer secara efektif. Pendukung  tersebut adalah :
1.       Modem adalah perangkat tambahan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet dan berperan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, dan juga sebaliknya.
2.       Router merupakan alat yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan, biasanya dilengkapi dengan data alamat-alamat IP yang menggambarkan kebijakan penyaringan
3.       Domain  Name System (DNS) adalah sistem yang bertugas menerjemahkan alamat-alamat IP sehingga paket-paket data dapat dirutekan ke alamat IP yang tepat
4.       Web Server bertugas untuk menerima permintaan informasi dari user dan mengirimkan informasi yang diminta lewat http.
5.       Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan penyedia jasa layanan koneksi ke internet



 Dari pendukung diatas telah banyak di gunakan oleh masyarakat , dan kita perlu tahu konsep komputer dan sejarah perkembangannya :
 
1.konsep internet

Internet adalah kumpulan komunikasi computer antar satu wilayah dan wilayah yanglainnya diseluruh dunia.saling terhubung dan saling berkomunikasi yang diatur oleh protocol.dengan kata lain,internet adalah sala satu media komunikasi berupa data, dilakukan umumnya secara tertulis atau melalui video-video,tanpa perlu dilakukan secra bersamaan  antara pengirim dan penerima. Internet merupakan kumpulan jaringan komunikasi computer yang ada diseluruh dunia.dalam hal ini komputeryang dahulunya stand alone,maka dengan kemajuan tekhnologi perangkat keras dan lunak computer maka saat ini dapat  berhubungan  langsung dengan komunikasi komputer ditempat lain seluruh dunia ini,dengan internet.
Internet  juga bias dianalogikan sebagai sebuah komunitas “kota elektronik” yang sangat besar,yang memungkinka setiap penduduk memiliki alamat [Internet Address] digunakan untuk berkirim surat atau mendapatkan/saling bertukar informasi.jika pendudk itu ingin berkeliling kota cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan ,melalui jalan, berupa jaringan kabel atau gelombang udara/wave melalui frekuensi radio tertentu untk menuju tempat yang diinginkan.
Adapun macam-macam network adalh seagai berikut  :


1.Local Area Network (LAN)
Merupakan suatu jaringan computer yang masih berada dalam satu gedung au ruangan seperti digunakan dirumah,Perkantoran,Industry,Akademi,dll.
2.Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan pengmbangandari Local Area Network jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bias saling berjuhan. MAN merupakan jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus besar.
3.Wide Area Network(WAN)
Merupakan  jaringan komputer yang mencakup area yang besar misalnya jaringan komputer antar wilayah,kota bahkan antar Negara.WAN digunakan sebagai  penghubung jaringa local yang satu dengn jaringan local yang lain,sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer dilokasi lain.
4.Intranet
Intranet merupakan jaringan komputerberbasis protokol TCP/IP yan hanya bias diakses dalam internal perusahaan, kantor, sekolah, kampus, waroeng Internet[warnet].
5.Internet
Internet merupakan   jaringan komputer (Internet Network).diseluruh dunia,yang berisikan  informasi dan juga merupakan sarana komunikasi data   (data, suara, gambar, video, text).Data informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan masing-masing komputer,atau dibuat oleh pemilik data informasi yang menitipkan nformasinya kepada pemilik jaringan komputer yang tersambungkan ke network.

2.Sejarah internet

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA
Sebelum membahas tentang sejarah perkembangan internet didalam negeri kita, kali ini yang akan kita bahas adalah sejarah perkembangan internet yang ada di dunia atau mancanegara yang lebih kompleks dalam pembahasannya.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ), dalam sejarah perkembangan internet mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikansi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal – bakal sejarah perkembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP / IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Departement of defonce ) membuat sistem jaringankomputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah – daerah vital untuk mengatasi maslaah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi tepusat, yang apabila terjadi perang dunia mudah dihancurkan.
Dalam sejarah perkembagan internet, pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, Universty Of California, Santa Barbara, University Of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPSNET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua unuversitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya dan merupakan awal dari sejarah perkembangan internet.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti, universitas – universitas. Gabungan kedua jaringan dan ini terbentuknya sejarah perkembangan internet dan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.


SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA
Setelah tadi diatas kita mengutip sedikit bagaimana sejarah perkembangan internet yang semakin terus maju dan berkembang pesat, dibawah ini kita akan membahas bagaimana sejarang perkembangan internet yang ada di Indonesia.
Sejarah perkembangan internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990 – an. Saat itu ada sebuah jaringan internet di Indonesia, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa diatara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana sejarah perkembangan internet di Indonesia kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan internet. Sejak 1988, ada pengguna awal internet di Indonesai yang memanfaatkan CIX ( Inggris ) dan Compuseve ( AS ) untuk mengakses internet.
Dalam sejarah perkembangan internet, berdasarkan catatan Whois ARIN dan APNIC, protokol internet ( IP ) pertama di Indonesia, UI – NETLAB ( 192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama – nama legendaris di awal sejarah perkembangan internet pada tahun 1992 hingga 1994.
Masing – masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan – cuplikan sejarah perkembangan internet di Indonesia. Tulisan – tulisan tentang keberadaan jaringan internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS juga beberapa artikel pendek di majalah elektron himpunan mahasiawa Elektro ITB pada tahun 1989.
Mungkin itulah sedikit cuplikan mengenai sejarah perkembangan internet yang berlaku pada negara Indonesia, mungkin dengan demikian anda sedikit menambah wawasan anda tentang informasi sejarah perkembangan internet di Indonesia.




SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET PADA MASA SEKARANG
Dalam sejarah perkembangan internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan sesifikasi tekhnikal ( protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian ). Protokol – protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force ( IETF ), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC ( Request For Comments ). Sejarah perkembangan internet merupakan sebagian dari RFC dijadikan standar internet ( Internet Standard ), oleh badan Arsitektur Internet ( Internet Architecture Board – IAB ). Protokol – protokol internet yang sering digunakan adalah seperti IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email / surat elektronik, usenet, Newsgroup, berbagi berkas ( file sharing ), WWW ( World Wide Web ), Gopher, akses sesi ( Session Access ), WAIS, Finger, IRC, MUD, dan MUSH. Diantara semua ini, email / surat eletronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti Milis ( Mailing List ) dan Weblog. Sejarah perkembangan internet memungkinkan adanya servis terkini ( Real – Time Service ), seperti Web Radio, dan Webcast, yang dapat diakses diseluruh dunia.
Selain itu melalui sejarah perkembangan internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin ( Gaim ), Trilian, Kopete, Yahoo Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter dan lain sebagainya. Beberapa servis internet populer yang berdasarkan sistem tertutup ( Proprietary System ), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Demikianlah sejarah perkembangan internet yang bisa kami berikan kepada anda semua. Semoga dengan adanya informasi diatas, bisa menjadi rujukan ataupun referensi anda serta pengetahuan dan wawasan yang luas kepada anda semua



3.Fungsi internet
`               Internet saat ini banyak fungsinya dan sangat membantu pekerjaan manusia diantaranya  dalam bidang : (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan lain sebagainya), antara lain:

1.       Gudang Informasi  ð Internet merupakan media penyimpan segala informasi dan fasilitas mesin pencari membantu memudahkan pencarian informasi tertentu di antara banyaknya informasi yang tersedia
2.       Alat Komunikasi ð Internet dapat mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa (akses berita dan sosial media)
3.       Sarana pendukung kegiatan pendidikan ð Internet membantu memperoleh buku-buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi demi kepentingan pendidikan
4.       Sarana pendukung kegiatan ekonomis ð Internet dapat menjadi media jual-beli secara online dan mendukung kegiatan finansial lainnya  (e-commerce dan e-banking)
5.       Sarana hiburan ð Sarana untuk mencari data yang bersifat menghibur dan dapat pula sebagai sarana penyaluran ide kreatif

  selain itu internet juga sering digunakan sebagai :

  1. Informasi  yang didapatkan lebih cepat dan murah, melalui :
+ Email (Elektronic Mail)
+WWW (World Wide Web)
  1. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh :
+koran masuk internet
+majalah ,brosur, dan lain sebagainya
  1. Sebagai media promosi,contoh :
+Image Company
+pengenalan dan Pemesanan produk
  1. Komunikasi Interaktif
+video Conferencing
+Voice Over Internet Protocol (suara yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet)
  1. Sebagai alat Research  and Development
  2. Sebagai sarana pendidikan atau E-learning.
  3. E-commerce,yaitu perdagangan atau bisnis lewat Internet, Seperti penjualan produk.
  4. Banking, seperti internet banking,klikbca dari bank BCA dan lain sebagainya.
Dampak Positif:
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). 2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. 3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut
NETIQUETTE adalah etika berinternet. Aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai berprilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat kita berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Ternyata, ada etiket yang sejatinya harus dipegang oleh siapapun yang sedang berada di jaringan internet saat mereka berinteraksi. Bagaimana rupa netiquette itu? Prinsipnya sama seperti etiket atau sopan santun pada umumnya, hanya saja ranahnya di dunia maya!

ya itu tadi sedikit pengetahuan dan wawasan tentang internet,, baca lagi ya selengkapnya dan tunggu tulisan tulisan ilmu terbaru dari blog ini,,terimakasih....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar